Billboard Ads

https://masterkey.masterweb.com/aff.php?aff=12774

Al Quran adalah kitab yang diturunkan kepada Nabi Muhammad sebagai pedoman hidup umat islam sedunia. Dalam belajar membaca Al quran, setelah mengenal huruf hijaiyah hal yang wajib kita pelajari adalah ilmu tajwid. Ilmu Tajwid adalah Ilmu yang mempelajari tata cara membaca al quran yang baik dan benar. Langsung saja mari kita belajar hukum bacaan tajwid al quran lengkap agar bisa lebih baik dalam membaca dan melantunkan al quran al karim.

Hukum Tajwid Nun Mati dan Tanwin

belajar hukum tajwid al quran lengkap nun mati dan tanwin
Belajar tajwid yang pertama adalah mempelajari tentang nun mati (sukun) dan tanwin, tanwin yaitu fathahtain yang dibaca an, kasrohtain dibaca in, dan dommahtain dibaca un.
Nun sukun dan tanwin pada hakekatnya dibaca sama, nun sukun (mati) dan tanwin apabila bertemu huruf hijaiyah hukumnya terbagi menjadi 4 yaitu : Idhar, Idgham, Iqlab, dan Ikhfa'.

Hukum Tajwid Idhar

Hukum tajwid yang pertama adalah idhar yang artinya jelas. Kapan terjadinya bacaan idhar? yaitu apabila ada nun sukun (mati) dan tanwin bertemu dengan huruf-huruf yang keluar dari tenggorokan (halqun) yaitu hamzah, Ha', ha, 'ain, ghin, kho' (أ ،ﻫ ، غ خ ح ع)
Idhar ini juga bisa disebut dengan idhar halqi (dari kata halqun). Sudah di jelaskan bahwa arti dari idhar adalah jelas, maka bacaan nun sukun harus jelas tanpa ada dengungan sama sekali. Contoh bacaan idhar seperti :
Nun mati (sukun) dan tanwin bertemu alif/hamzah (أ)
مَنْ أمَنَ
رَسُوْلٌ اَمِيْنٌ
Nun mati (sukun) dan tanwin bertemu ha (ح)
عَنْ حَرَامِكَ
نَارٌ حَامٍيَةٌ
nun mati (sukun) dan tanwin bertemu kho' (خ)
مَنْ خَشِيَ
ذَرَّةٍ خَبٍيْرٌ
nun mati (sukun) dan tanwin bertemu 'ain (ع)
مِنْ عِلْمٍ
سَمٍيْعٌ عَلٍيْمٌ
nun mati (sukun) dan tanwin bertemu ghin (غ)
مِنْ غِلٍّ
اَجْرٌ غَيْرُ
nun mati (sukun) dan tanwin bertemu Ha' (ھ)
مِنْ هَادٍ
جُرُفٍ هَارٍ

Hukum Tajwid Idgham

Hukum Tajwid nun mati (sukun) dan tanwin yang kedua adalah Idgham. Idgham artinya memasukkan huruf yang pertama ke dalam huruf yang kedua sehingga menjadi satu huruf yang bertasydid atau lebih mudahnya adalah melebur sehingga bunyi nun mati atau tanwin tidak terdengar sama sekali. Idgham sendiri dibagi menjadi 2 yaitu Idgham Bighunnnah dan Idgham bilaghunnah.
1. Idgham Bighunnah
Idgham Bighunnah artinya dimasukkan di sertai dengan dengung. Adapun huruf dari idgham bighunnah ada 4 yang biasa disingkat dengan YANMU (Ya, Nun, Mim, Wau / ي ن م و)
Contoh Idgham Bighunnah adalah sebagai berikut :
Nun mati dan tanwin bertemu huruf ya (ي )
مَنْ يَقُوْلُ
يَوْمَئِذٍ يَصْدُرُ
Nun mati dan tanwin bertemu huruf nun (ن )
مِنْ نِعْمَةِ
حِكْمَةٍ نَافِعَةٍ
Nun mati dan tanwin bertemu huruf mim (م )
مِنْ مَسَدٍ
عَابِدٌ مَا عَبَدْتُمْ
Nun mati dan tanwin bertemu huruf wau (و )
مِنْ وَرَاءِهِمْ
خَيْرٌ وَاَبْقَى

Syarat dan ketentuan Idgham Bighunnah tidak berlaku apabila nun mati (sukun) berada dalam satu kata yang disambung. Jika terdapat hal tersebut maka hukum tajwidnya berubah menjadi idhar yaitu dibaca jelas. Contoh :قِنْوَانٌ ,صِنْوَانٌ, دُنْيَا, بُنْيَانٌ
2. Idgham Bilaghunnah
Jika Idgham Bighunnah adalah meleburkan dengan dengung, maka Idgham Bilaghunnah adalah sebaliknya yaitu melebur tanpa dengung. Perlu anda ingat, yang hilang adalah dengungnya. Adapun huruf dari idgham bilaghunnah yaitu Lam dan Ra' (ل ، ر ) Contoh Idgham Bilaghunnah adalah sebagai berikut :
Nun mati dan tanwin bertemu huruf lam (ل )
مِنْ لَدُنْكَ
هُدًى لِلْمُتَّقِيْنَ
Nun mati dan tanwin bertemu huruf ra' (ر )
مِنْ رَبِّكَ
خَيْرٌ رَازِقِيْنَ

Hukum Tajwid Iqlab

Hukum bacaan tajwid dari nun mati (sukun) dan tanwin yang ketiga adalah iqlab. Iqlab artinya membalik, merubah nun mati (sukun) menjadi mim sukun (mati). Adapun ketentuan dari iqlab adalah ketika ada nun mati (sukun) dan tanwin bertemu dengan huruf ba (ب ). Biasanya dalam bacaan al quran ditandai dengan huruf mim kecil di atasnya. Contoh bacaan iqlab yaitu : مِنْ بَعْدِهِمْ, سَمِيْعٌ بَصِيْرٌ

Hukum Tajwid Ikhfa'

Hukum bacaan tajwid nun mati (sukun) dan tanwin yang keempat adalah ikhfa'. Ikhfa' artinya samar, yaitu menyamarkan bunyi nun mati dan tanwin. Adapun syarat terjadinya bacaan ikhfa adalah ketika ada nun mati (sukun) dan tanwin bertemu dengan huruf hijaiyah yang 15, yaitu :
س, ش, ص, ض, ط, ظ, ف, ق, ك, ت, ث, ج, د, ذ, ز

Untuk lebih mudah dalam menghafal huruf-hurufnya, maka dibuat syair : Shif dza tsana kam jada syakhsun Qad sama Dum thaiyiban zid fi tuqan dha’ dzaliman. diambil dari bagian depan misalnya shif adalah syin, dza adalah dza, tsana adalah tsa dan seterusnya. Contoh bacaan ikhfa seperti :
HurufNun mati (نْ )Tanwin (ً ٍ ٌ )
ت فَمَنْ ثَقُلَتْشِهَابٌ ثَاقِبٌ
جاِنْ جَاءَكُمْخَلْقٍ جَدِيْدٍ
داَنْدَادًادَكًّا دَكًّا
ذمِنْ ذَهَبٍنَارًا ذَاتَ لَهَبٍ
زوَاَنْزَلْنَاصَعِيْدًا زَلَقًا
سأَلإِنْسَانُسَلمًا سَلمًا
شمِنْ شَرِّ مَا خَلَقَعَذَابٍ شَدِيْدٍ
صعَنْ صَلاَتِهِمْعَمَلاً صَالِحًا
ضمَنْضُوْدٍمُسْفِرَةٌ ضَاحِكَةٌ
طمِنْ طَيِّبَاتٍبَلْدَةٌ طَيٍّبَةٌ
ظمِنْ ظُهُوْرِهِمْحُرَّاءً ظَاهِرَةً
فأَنْفُسِهِمْمُخْتَالٍ فَخُوْرٍ
قمِنْ قَبْلِرٍزْقًا قَالُوا
كمَنْ كَانَ يَرْجُونَاِصيَةٍ كَاذِبَةٍ

Demikianlah sedikit tulisan belajar hukum tajwid al quran lengkap, hukum nun mati (sukun) dan tanwin adalah ilmu tajwid yang paling mendasar. Semoga dapat membantu anda dalam belajar tajwid al quran, dan semoga ini menjadi ladang pahala bagi kami. Sebarkan agar banyak orang yang mau belajar dan menjadi pahala kebaikan untuk anda semua.
Advertisement
edit post icon  www.alamuslim.com