Billboard Ads

https://masterkey.masterweb.com/aff.php?aff=12774

Download Kitab taisirul kholaq Pdf, Baiklah pemirsa imammuttaqin58 akan saya bagikan kitab taisirul kholaq dalm format pdf. Kitab taisirul kholaq ini kitab yang membahas tentang adab akhlaq budi pekerti siswa-siswi.

Download Kitab taisirul kholaq Pdf

dengan mempelajari kitab taisirul kholaq ini diharapkan oara santri, siswa bisa lebih beradap kepada sang kholiq serta kepada ke semua makhluk. adap atau tingkah laku memang harus di tekankan  karena ada sebuah maqolah ulama' sufi:

"Afdlolul ilmi ilmu khal, wa afdlolul amal khifdzu khal" yang artinya: Sesungguhnya ilmu yang paling afdlol adalah ilmu tingkah, sedangkan amal yang paling afdlol adalah menjaga tingkah" dan berikut sebagian isi dari kitab taisirul kholaq tersebut:

KAJIAN KITAB TAISIRUL KHOLAQ
*Hak-hak Kedua Orang Tua*

حقوق الوالدين
الوالدين هما السبب فى وجود الإنسان لو لا عناؤهما ما استراح ولو لا شقاؤهما ما تنعم

Dua orang tua penyebab adanya insan, kalau bukan susah payah keduanya, tidak merasa senanglah insan dan kalau bukan kesukaran keduanya, maka insan tidak mengecap kenikmatan.
أما أمه فحملته كرها ووضعته كرها
Adapun ibu telah mengandung dan melahirkan dalam kondisi susah payah.

وأما أبوه فقد بذل وسعه فيما يعود إليه بالنفع من تربية جسمه وروحه

Sedangkan bapak mencurahkan kemampuannya pada sesuatu yang kembali manfaatnya kepada insan untuk pemeliharaan tubuh dan ruhnya.

فيجب عليه أن يذكر نعمتهما ليشكرهما عليها ، وأن يمتثل أمرهما إلا إذا كان بمعصية ، وأن يجلس معهما خاشعا غاضا طرفه عن زلتهما ، وألا يؤذيهما ولوبقول أف ، وألا يطيل جدالهما ، وألا يمشي أمامهما إلا فى خدمتهما ، وأن يدعو لهما بالرحمة والمغفرة ، وأن يأمرهما بالمعروف وينهاهما عن المنكر ، ليكون سببا فى نجاتهما من النار كما كان سببا فى وجوده

Wajiblah insan mengingat kebaikan keduanya, supaya berterima kasih kepada keduanya atas kebaikannya. Dan menuruti perintah keduanya, kecuali perintah itu maksiat. Dan duduk beserta ibu-bapak penuh hormat, memejamkan pandangan dari ketergelinciran. Dan tidak menyakiti keduanya walau itu dengan ucapan "ah!", Tidak memperpanjang perdebatan. Dan tidak berjalan di hadapan keduanya kecuali waktu melayani. Dan berdoa terhadap kedua orang tua mendapat rahmat dan keampunan. Dan menganjurkan keduanya untuk melakukan kebaikan dan mencegah kemungkaran. Karena adanya insan itu menjadi sebab keselamatan keduanya, sebagaimana ada keduanya itu menjadi sebab adanya insan.

قال الله تعالى

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوٓاْ إِلَّآ إِيَّاهُ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَٰنًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِندَكَ ٱلْكِبَرَ أَحَدُهُمَآ أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُل لَّهُمَآ أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

وَٱخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ ٱلذُّلِّ مِنَ ٱلرَّحْمَةِ وَقُل رَّبِّ ٱرْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِى صَغِيرًا

Allah telah berfirman:
Dan telah memutuskan (telah memerintahkan) Rabbmu supaya janganlah (lafal allaa berasal dari gabungan antara an dan laa) kalian menyembah selain Dia dan (hendaklah kalian berbuat baik) pada ibu bapak kalian dengan sebaik-baiknya (yaitu dengan berbakti kepada keduanya).

Jika salah seorang di antara keduanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu (lafal ahaduhumaa adalah fa`il) atau kedua-duanya (dan menurut suatu qiraat lafal yablughanna dibaca yablughaani dengan demikian maka lafal ahaduhumaa menjadi badal daripada alif lafal yablughaani) maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan ah kepada keduanya (dapat dibaca uffin dan uffan; atau uffi dan uffa; lafal ini adalah mashdar yang artinya adalah celaka dan sial) dan janganlah kamu membentak mereka (jangan kamu menghardik keduanya) dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia (perkataan yang baik dan sopan),dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua (artinya berlaku sopanlah kamu terhadap keduanya) dengan penuh kesayangan (dengan sikap lemah lembutmu kepada keduanya) dan ucapkanlah:

"Wahai Rabbku! Kasihanilah mereka keduanya, sebagaimana (keduanya mengasihaniku sewaktu) mereka berdua mendidik aku waktu kecil.”(Al-Isra' ayat 24-25 dengan terjemahan Tafsir Al-Jalalaini).

هذا وليخص الأم بزيادة البر لقول النبي صلى الله عليه وسلم

Spesial untuk ibu, perbuatan baik (kebaktian) harus ditambah karena sabda Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam

بر الوالدة على الولد ضعفان

Berbuat baik pada ibu diatas anak dua kali lipat!.

Demikian Ibnu Mas'ud At-Tamanmini menyampaikan semoga bermanfaat. (Asimun ibnu mas'ud)

Jadi mendalami ilmu tingkah/ahlaq adalah cara tepat untuk para santri/siswa, anak-anak sebelum mendalami ilmu fikih. baiklah langsung saja beriku kitab ahlaq yang perlu kalian pelajari Kitab taisirul kholaq
Advertisement
edit post icon  www.alamuslim.com