Billboard Ads

https://masterkey.masterweb.com/aff.php?aff=12774

Dzikir setelah shalat yang shahih ini merupakan versi ringkas. Kami berusaha mengumpulkan dalil-dalil yang shahih yang menjadi landasan dalam bacaan dzikir. Hadis-hadits tersebut sudah dipastikan dan diteliti derajat keshahihannya sehingga dapat anda amalkan dengan tenang. Kami merujuk kepada kitab Hisnul Muslim yang telah dikarang oleh Syaikh Sa'id bin Ali bin Wahf Al Qahthani.


1. Membaca Bacaan Dzikir seperti pada Halaman klik: Bacaan Dzikir yang Shahih Setelah Shalat Fardhu Sesuai Sunnah

2. Hanya saja, pada bacaan nomor 4 diganti dengan bacaan ini:


Mana Dalilnya? Dalilnya Hadits Shahih Riwayat Muslim No 6329.

Dalam hadits ini Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

أَفَلَا أُخْبِرُكُمْ بِأَمْرٍ تُدْرِكُونَ مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ وَتَسْبِقُونَ مَنْ جَاءَ بَعْدَكُمْ وَلَا يَأْتِي أَحَدٌ بِمِثْلِ مَا جِئْتُمْ بِهِ إِلَّا مَنْ جَاءَ بِمِثْلِهِ تُسَبِّحُونَ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلَاةٍ عَشْرًا وَتَحْمَدُونَ عَشْرًا وَتُكَبِّرُونَ عَشْرًا

“Maukah kalian aku ajarkan sesuatu yang dapat membuat kalian mengejar orang-orang yang mendahului kalian, dan yang dapat membuat kalian mendahului orang-orang yang sesudah kalian, serta tidak ada seorang pun yang lebih utama kecuali ia melakukan seperti yang kalian lakukan? Yaitu kalian bertasbih sebanyak 10x, bertahmid sebanyak 10x, dan bertakbir sebanyak 10x.” [HR. Bukhari no. 6329].

Apa ada Dalil serupa? Dalilnya Hadits Shahih Riwayat Tirmidzi No 6329. 


خَلَّتَانِ لَا يُحْصِيهِمَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ إِلَّا دَخَلَ الْجَنَّةَ أَلَا وَهُمَا يَسِيرٌ وَمَنْ يَعْمَلُ بِهِمَا قَلِيلٌ يُسَبِّحُ اللَّهَ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلَاةٍ عَشْرًا وَيَحْمَدُهُ عَشْرًا وَيُكَبِّرُهُ عَشْرًا

“Ada dua perkara, setiap muslim yang konsisten melakukannya akan masuk ke dalam surga. Keduanya sangatlah mudah, namun sangat jarang yang mampu konsisten mengamalkannya. (Perkara yang pertama) adalah bertasbih, bertahmid, dan bertakbir masing-masing sebanyak sepuluh kali sesudah menunaikan shalat fardhu.” [H.R. Tirmidzi, No 3410; Shahihut Tirmidzi, No 2714)

Demikianlah, bacaan dzikir versi ringkas yang sesuai sunnah. Kalau kita dapat mengamalkannya secara konsisten niscaya kita akan masuk surga seperti sabda hadits Rasulullah shallallahu alaihi wasallam diatas.
Advertisement
edit post icon  www.alamuslim.com