Billboard Ads

https://masterkey.masterweb.com/aff.php?aff=12774

Tata cara dan Doa Shalat Istikharah - Sesungguhnya setiap manusia adalah makhluk yang lemah, tidak akan pernah bisa kita menghadapi sesuatu apapun tanpa bantuan Allah SWT. Salah satu cara yang diajarkan nabi Muhammad SAW dalam mengatasi masalah menentukan pilihan adalah dengan shalat istikharah.
Shalat Istikharah adalah sholat sunnah 2 rakaat yang dikerjakan ketika seseorang hendak memohon petunjuk kepada Allah SWT karena bingung dengan pilihan yang ada dan merasa ragu ketika memutuskan sesuatu. Waktu shalat istikharah dapat kapan saja asalkan bukan termasuk waktu terlarang untuk melakukan shalat.

Tata Cara Shalat Istikharah

tata cara doa shalat istikharah
gambar ilustrasi

Dari Shahabat Jabir bin ‘Abdillah r.a, beliau berkata;

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعَلِّمُنَا الِاسْتِخَارَةَ فِي الْأُمُورِ كُلِّهَا كَمَا يُعَلِّمُنَا السُّورَةَ مِنْ الْقُرْآنِ يَقُولُ إِذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ بِالْأَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيضَةِ ثُمَّ لِيَقُلْ

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, mengajari kami shalat istikharah dalam setiap perkara/urusan yang kami hadapai, sebagaimana beliau mengajarkan kami suatu surah dari Al-Quran. Beliau berkata, “Jika salah seorang diantara kalian berniat dalam suatu urusan, maka lakukanlah shalat dua raka’at yang bukan shalat wajib, kemudian berdoalah…”. (HR. Bukhari)

Hadits tersebut menjelaskan bahwa sebagai seorang muslim hendaknya kita mengamalkan shalat sunnah istikharah, dengan artian kita selalu meminta petunjuk akan segala hal kepada Allah SWT. Berikut cara sholat istikharah;
1. Bersuci, baik wudhu atau tayamum
baca juga : macam-macam hadas
2. Niat shalat istikharah
adapun lafadz niat shalat sunnah istikharah yaitu:
أصلي سنة الإستخارة ركعتين لله تعالي

Usholli sunatal-istikharati rok'ataini lillahi ta'ala
Artinya : Saya berniat shalat sunnah istikharah dua rakaat karena Allah ta'ala"
Catatan : sebelum membaca niat, pastikan bahwa kita sudah menetapkan pada satu pilihan.
Contoh Meminta petunjuk jodoh (Shalat istikharah jodoh);
Kita bingung memilih antara 2 pilihan antara si-A dan si-B. Sebelum shalat, tetapkan hati misalnya pada A sebagai jodoh kita dengan anggapan bahwa sudah mengetahui baik itu kelebihan dan kekurangan keduanya. Setelah itu membaca lafadz niat shalat istikharah.
3. Takbiratul ihram
4. Membaca doa iftitah
5. Membaca Al-fatihah
6. Membaca surat pendek
7. Salam
8. Doa
Doa Shalat Istikharah

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ ، اللَّهُمَّ فَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ هَذَا الأَمْرَ – ثُمَّ تُسَمِّيهِ بِعَيْنِهِ – خَيْرًا لِى فِى عَاجِلِ أَمْرِى وَآجِلِهِ – قَالَ أَوْ فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى – فَاقْدُرْهُ لِى ، وَيَسِّرْهُ لِى ، ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيهِ ، اللَّهُمَّ وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّهُ شَرٌّ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى – أَوْ قَالَ فِى عَاجِلِ أَمْرِى وَآجِلِهِ – فَاصْرِفْنِى عَنْهُ ، وَاقْدُرْ لِىَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ، ثُمَّ رَضِّنِى بِهِ

Allahumma inni astakhiruka bi ‘ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as-aluka min fadhlika, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub. Allahumma fa-in kunta ta’lamu hadzal amro (sebut nama urusan tersebut) khoiron lii fii ‘aajili amrii wa aajilih (aw fii diini wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii) faqdur lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi. Allahumma in kunta ta’lamu annahu syarrun lii fii diini wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii (fii ‘aajili amri wa aajilih) fash-rifnii ‘anhu, waqdur liil khoiro haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bih.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku beristikharah pada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kepada-Mu kekuatan dengan kekuatan-Mu, aku meminta kepada-Mu dengan kemuliaan-Mu. Sesungguhnya Engkau yang menakdirkan dan aku tidaklah mampu melakukannya. Engkau yang Maha Tahu, sedangkan aku tidak. Engkaulah yang mengetahui perkara yang ghoib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini (sebut urusan tersebut) baik bagiku dalam urusanku di dunia dan di akhirat, (atau baik bagi agama, penghidupan, dan akhir urusanku), maka takdirkanlah hal tersebut untukku, mudahkanlah untukku dan berkahilah ia untukku. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara tersebut jelek bagi agama, penghidupan, dan akhir urusanku (baik bagiku dalam urusanku di dunia dan akhirat), maka palingkanlah ia dariku, takdirkanlah yang terbaik bagiku di mana pun itu sehingga aku pun ridho dengannya
baca juga : Doa Shalat dhuha
9. Lakukan sesuai pilihan yang sudah dipilih di awal niat shalat istikharah tadi, jika itu baik baginya maka Allah akan mudahkan namun jika itu kurang baik, insyaallah Allah akan palingkan ia dari pilihan tersebut.

Sering kita mendengar entah itu beredar darimana, bahwa setelah shalat istikharah kita akan diberitahu lewat mimpi. Hal tersebut kurang tepat dan tidak ada dasar hadits ataupun pendapat ulama salafnya, apalagi mimpi tidak lepas dari 3 kemungkinan: dari Allah, diri sendiri, dan dari syetan. Jadi Petunjuk shalat istikharah dari mimpi datangnya dari Allah bukanlah sebuah jaminan.
Bacaan shalat istikharah adalah bebas dengan catatan kita hafal surat tersebut, namun ada beberapa pendapat bahwa yang dibaca saat shalat istikharah pada rakaat pertama adalah surat Al Kafirun dan Al Ikhlas di rakaat kedua.
Demikianlah Tata cara dan Doa Shalat Istikharah, semoga tuntunan diatas dapat memberikan kita petunjuk langsung yang datang dari Allah. Jika ada sesuatu yang menjadi pertanyaan silakan tuliskan lewat kolom komentar. Semoga sedikit tulisan tentang sholat istikharah ini dapat membawa manfaat bagi kita semua, Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam tata tulis dan penyampaian informasi karena kami hanyalah manusia yang jauh dari ilmu.
Advertisement
edit post icon  www.alamuslim.com