Billboard Ads

https://masterkey.masterweb.com/aff.php?aff=12774

Kisah Fitnah Abdullah Bin Saba’ ~ Pada suatu masa, Utsman bin  Affan diangkat menjadi khalifah menggantikan Umar bin Khattab. Saat itu, Umar bin Khattab mati terbunuh oleh orang-orang munafik. Keadaan demikian menyebabkan situasi yang tidak menentu. Namun dengan ketegasan dan kelembutan Utsman, suasana dapat dikendalikan.


Pada pemerintahan Khalifah Utsman bin Affan, banyak orang yang  memeluk  agama Islam. Salah  satunya  adalah orang Yahudi  yang bernama  Abdullah bin Saba'. Namun, Abdullah bin Saba'  memeluk agama Islam dengan maksud tertentu. Setelah memeluk agama Islam, Abdullah bin Saba' berkeinginan  untuk  menghadap Khalifah Utsman. Oleh karena itu,  ia menempuh   perjalanan  yang jauh dari Yaman menuju Madinah. Saat menghadap Khalifah Utsman, Abdullah meminta Khalifah Utsman memberinya jabatan di bidang apa saja. Khalifah Utsman menolaknya dengan berkata,  "Apakah engkau sanggup memikul tugas suatu jabatan,  padahal engkau  baru  saja memeluk  agama  Islam?  Tidak  sepatutnya suatu jabatan diminta  karena  hanya Allah yang memberi  dan mencabut  suatu jabatan  seseorang."

Penolakan itu membuat Abdullah sangat kecewa dan menyimpan dendam kepada Khalifah Utsman. Ia berencana untuk menyebarkan fitnah dan menyesatkan ajaran  Islam.

Abdullah bin Saba'  menyebarkan  fitnah  di  mana-mana. Ia mengatakan  bahwa  seharusnya  yang menjadi khalifah adalah Ali bin Abu Thalib. Sejumlah orang pun percaya dengan perkataan  Abdullah. Merasa fitnahnya telah berhasil, Abdullah kembali menyebarkan fitnah. Kali ini, fitnahnya  jauh  lebih buruk. Kepada orang-orang ia mengatakan bahwa sebenarnya orang  yang  akan  dijadikan  nabi  adalah  Ali bin Abu Thalib. Namun karena Malaikat Jibril mengantuk, wahyu jatuh kepada orang yang tidak berhak,  yaitu Muhammad.

Fitnah itu  membuat  Ali bin Abu Thalib sangat murka. Setelah Ali diangkat menjadi Khalifah, Ali mengusir Abdullah bin Saba' dari Madinah.
Pesan : "Maksud Islam ialah memperbaiki manusia, supaya baik hubungannya dengan Allah dan baik pula hubungannya dengan manusia. "
Oleh Sugiasih, S.Si.

Advertisement
edit post icon  www.alamuslim.com
 
close
Download Aplikasi Berkah Sahabat Beribadah