Billboard Ads

https://masterkey.masterweb.com/aff.php?aff=12774


Hari ini saya telah berhasil melakukan napak tilas di salah satu petilasan Pesantren Haji Naipin yang merupakan guru Pitung.

Dalam beberapa arsip yang bersumber dari kitan Al Fatawi diketahui bahwa Pesantren KH Naipin berada di daerah Kebun Pala Tanah Abang.

Dari beberapa wawancara dengan penduduk setempat didapat informasi bahwa letak Pesantren KH Naipin berada persis di markas TEATER POPULER milik Teguh Karya. Dan memang satu satunya bangunan ini adalah yang paling tertua.

Jika dilihat kontur tanah memang sangat beralasan jika Pesantren berada disini. Selain paling tinggi dan strategis, tidak jauh dari sini ada sungai dan ditambah lagi berdekatan dengan pasar tanah abang.

Fakta lain yang semakin menguatkan tidak jauh dari Kebun Pala 1 berdekatan dengan Pasar Kambing yang pernah menjadi bagian hidup Pituan Pitulung.

Bangunan yang sekarang ini dibangun tahun 1883 s/d 1888 Masehi oleh orang Arab. 

Nampaknya pasca pembaiatan anggota Pitung tahun 1880 Pesantren ini menjadi lumpuh karena diawasi secara ketat. Sehingga keberadaannya diambil alih oleh fihak lain sampai kemudian jatuh ke tangan orang arab. KH Naipin sendiri pasca terbentuknya Pitung hijrah ke salah satu tempat yang jauh dari pengawasan penjajah. Pesantren Tenabang sendiri dikhususkan untuk usia 15 s/d 25 tahun. Sedangkan yang lain ada di daerah Cengkareng dan Tangerang...
Advertisement
edit post icon  www.alamuslim.com
 
close
Download Aplikasi Berkah Sahabat Beribadah