Billboard Ads

https://masterkey.masterweb.com/aff.php?aff=12774

makam habib di jakarta

Makam keramat di Jakarta Utara dan sekitarnya, termasuk di Kebayoran Lama, sangat banyak. Apalagi makam Habib di Jakarta. Salah satunya adalah Makam waliyullah Jakarta bernama Syarifah Khadijah.  

Alamuslim.com - Menurut riwayat yang didapati dari orangtua dulu, diketahui bahwa Syarifah Khadijah ini adalah Ibu Asuh Habib Husein Luar Batang. Keterangan ini tentu sangat menarik mengingat sejarah Habib Husein sudah sangat populer di Nusantara.

Di sekitar daerah ini, ada Bang Mahmud dari IKB yang bisa menceritakan informasi tentang makam-makam tua di sekitar Kebayoran Lama, Jakarta, termasuk makam Syarifah Khadijah ini.

Pertanyaannya, mengapa tanggal dan tahun kematian Syarifah Khadijah yang ternyata bila dibaca di batu nisannya berangka tahun 1931. Apakah di sini ada kekeliruan pembuatan batu nisan atau jangan-jangan ini adalah Habib Husein yang lain?

Makam Waliyullah di Jakarta


Banyak nama para sayyid yang mirip, baik nama maupun binnya. Tentu adanya data nisan ini semakin menarik untuk dibahas mengingat cerita beliau sebagai Ibu Asuh Habib Husein sudah lama diketahui pada lingkungan orangtua yang mukim di sekitar masjid Al-Alkhyar.

Menariknya lagi, pengurus masjid mengatakan kalau Syarifah KhadIjah ini wafat masih muda.Syarifah Khadijah sendiri semasa hidupnya dikenal sebagai wanita yang sholihah. Bahkan banyak yang meyakini kalau beliau ini adalah waliyullah, apalagi diketahui bahwa beliau ini mempunyai banyak "keistimewaan" di dalam hidupnya.

Dahulu makam ini banyak yang menziarahi. Bahkan banyak orang-orang jauh. Namun sejak kepengurusan masjid berganti, makam keramat ini jadi tidak terurus dan mulai dilupakan orang. Padahal sejak dulu para sesepuh selalu menjaga dan memelihara makam tua tersebut.

Dahulu makam tersebut diberi kelambu dan dibangunkan ruangan. Tapi kini bisa dilihat kondisinya. Memprihatinkan. Padahal hal hal tersebut adalah merupakan kearifan lokal. Makam ini jelas merupakan "paku" bagi masyarakat sekitar, sudah selayaknya dipelihara dan dijaga. Al Fatehah untuk Syarifah Khadijah. (alamuslim.com)
Advertisement
edit post icon  www.alamuslim.com
 
close
Download Aplikasi Berkah Sahabat Beribadah